Tunjungan Plaza Surabaya, Ikon Mall di Surabaya

Tunjungan Plaza Surabaya

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak nggolek kenalan cah ayu

Pasti kalian udah sering banget denger lagu ini kan? Lagu khas jawa timuran yang melekat sekali sebagai ikon kota Surabaya, yup Tunjungan Plaza. Mall yang cukup terkenal di Surabaya ini merupakan pusat perbelanjaan favorit bagi warga kota Surabaya. Meski pembangunan mall-mall baru di Surabaya cukup pesat menambah rentetan daftar mall yang ada di Surabaya. Khususnya sekarang ini sedang marak pembangunan superblok dari para developer.

Tak ketinggalan juga Tunjungan Plaza, yang sudah ada hotel Tunjungan di sampingnya pun masih terus ditambah dengan pembangunan-pembangunan baru untuk melengkapi superblok milik PT Pakuwon Jati ini. Mall ini memang berada di lokasi strategis yakni kawasan komersial di pusat kota Surabaya. Di dalam mall ini terdapat enam bangunan yang saling terintegrasi antar bangunan yakni Tunjungan Plaza I – VI. Siap-siap gempor buat olahraga kaki deh kalo penasaran pengen ngeliat semuanya, hehe.

Tak jauh berbeda dengan kebanyakan mall, di Tunjungan Plaza banyak sekali tenant-tenant buat shopping yang bakalan mengganggu mata dan kantong kita. Mulai dari produk-produk dalam negeri juga brand luar negeri bisa kalian temui di sini. Nah kalo kalian pengen tau store list yang ada di Tunjungan Plaza langsung aja deh ceki-ceki ke sini ya.

Jam operasional Tunjungan Plaza ini mulai buka pukul 10.00 – 22.00. Sebagian besar warga Surabaya sih memanfaatkan mall sebagai tempat hangout dan juga ngadem, tau lah Kota Surabaya panasnya kayak apa. Apalagi dengan gaya hidup yang seperti sekarang ini, jarang banget anak muda yang suka hangout panas-panasan di area outdoor. Sebagian besar memang lebih memilih mall dan café untuk kongkow bareng temen, sebagian ya bukan berarti semua, hihi.

Tunjungan Plaza Surabaya
image source: @deeyach_oh

Hmmm… trus bahas apa lagi ya??? Mungkin kita bahas area di luar mall aja kali ya, di Kawasan Tunjungan ini juga banyak banget spot menarik yang bisa kita pakai untuk hunting foto loh. Jadi bagi penggemar urban dan street fotografi sering banget aku temui para fotografer yang lagi mengabadikan moment-moment kece abis tentang kota Surabaya di Jalan Tunjungan ini.

Selain itu di sini juga sering diadakan event-event tahunan khas Kota Surabaya loh, selain car free day tentunya. Biasanya berupa serangkaian acara tahunan hari jadi kota Surabaya yang diadakan di beberapa tempat. Jalan Tunjungan sendiri kebagian acara Surabaya Urban Culture Festival yang menghadirkan beberapa kolaborasi para creator muda dan komunitas yang ada di Surabaya dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya.

Tunjungan Plaza Surabayaimage source: @diindhiamka

Trus satu lagi yang kudu kalian tau, di depan Tunjungan Plaza ini berdiri bangunan yang udah lama banget sejak 1923, Siola yang dulunya bernama Whiteaway Laidlaw. Dahulu Siola ini merupakan pusat perbelanjaan juga, namun sekarang sudah diambil alih oleh pemkot yang digunakan sebagai mal perizinan. Siola ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Jalan Tunjungan.

Tunjungan Plaza Surabayaimage source: @sambelcak

Selain siola juga masih ada beberapa bangunan cagar budaya yang lain, contohnya Hotel Majapahit yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Nah dua bangunan tua ini, Siola dan Hotel Majapahit sering dijadikan spot utama oleh para fotografer saat hunting foto maupun para pasangan muda untuk mengabadikan prewedding mereka. Apalagi sekarang ini dua bangunan itu makin dipercantik dengan berbagai perubahan sebagai bangunan cagar budaya.

Tunjungan Plaza Surabayaimage source: @acnhes
Tunjungan Plaza Surabayaimage source: @hendraprasetya_

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*