Rujak Cingur Surabaya

Rujak Cingur merupakan salah satu jenis makanan tradisional dari Jawa Timur tepatnya dari kota Surabaya. Rujak cingur umumnya disajikan dengan perpaduan buah dan juga sayuran. Buah dan juga sayuran yang dicampur yakni  nanas, mangga, kedondong, bengkuang, timun dan kangkung ataupun bisa juga dengan jenis buah dan sayur lainnya. Dan masih ada banyak lagi pelengkap lainnya misalnya lontong dan kuahnya. Makanan tradisional ini memang menjadi makanan untuk sebagian orang, terutama orang-orang Surabaya.

Di Jawa Timur terutama di daerah Surabaya rujak cingur sudah menjadi kuliner yang wajib kita nikmati. Belum ke Surabaya jika kita belum mencoba jenis kuliner yang satu ini. Paduan lontong, cingur, berbagai sayuran, dan bumbu kacang yang diracik khusus dengan petis ini memang memiliki rasa khas yang sulit ditemui di tempat lainya selaina Jawa Timur.  Jika anda pergi ke surabaya cobalah mampir ke 5 tempat yang menyediakan Rujak Cingur berikut ini yang pastinya akan menggoyang lidah anda.

  1. Rujak Cingur Genteng Durasim

Rujak Cingur Genteng Durasim sudah dibangun sejak tahun 1942, dan sekarang ini diurus oleh keturunan ketiga. Karena disebut-sebut sebagai tempat rujak cingur yang legendaris, Walikota Surabaya sempat mengundang Rujak CGD untuk menyajikan rujak andalannya pada gelaran APEC 2013 yang dilaksanakan di Surabaya.

  1. Rujak cingur delta

Rujak cingur memang sudah terkenal di telinga warga Surabaya. Terletak di area Plaza Surabaya, Rujak Cingur Delta tidak pernah sepi pengunjung. Yang membuat  rujak cingur berbeda di sini dengan yang lainya adalah pemakaian mie kuning sebagai bahan tambahan. Tidak hanya itu disini anda bisa memilih mau sayur yang sudah masak atau mentah.

  1. Rujak Cingur Sedati

Lokasi warung rujak cingur satu ini cukup berdekatan dengan Bandara Juanda. Makan rujak cingur di tempat ini akan menyuguhkan anda pemandangan yang bagus berupa pesawat yang mondar-mandir. Dahulunya si penjual hanya berjualan di emperan, namun semakin lama akhirnya dapat menempati ruangan yang lebih luas dan juga nyaman. Rujak cingur di sini sangatlah spesial sebab bumbunya memakai 7 macam jenis petis yang berbeda, jadi rasanya tidak usah diragukan lagi.

  1. Rujak Cingur Mirota

Mungkin beberapa dari anda mengenal mirota merupakan tempat untuk membeli souvenir khas Jawa Timur. Tapi apakah anda tahu jika tempat ini juga menjual rujak cingur khas surabaya yang lezat? Bumbu rujak cingur ini memakai petis yang  berkualitas yang membuat rasanya sungguh lezat. Jadi sangat menyengkan buka makan rujak cingur setelah anda puas berbelanja pernak – pernik ataupun souvenir khas Jawa Timur di Mirota, mata senang perutpun juga ikut kenyang.

  1. Rujak Cingur Joko Dolog

Dahulunya, rujak cingur Joko Doloh lebih kerap dikenal dengan Rujak Embong Sawo sebab memang dahulunya lapaknya berada  tepat di Jalan Embong Sawo. Karena resep rujak cingur dan juga tangan yang nguleg sama, maka Rujak Cingur Joko Dolog tetap ramai. Biasanya tempat makan ini dikunjungi oleh pelanggan lama. Jika jam makan siang sudah tiba, bisa-bisa kita tidak akan mendapat tempat duduk sebab area makan yang bisa dibilang sempit.

Demikian tadi beberapa Rujak Cingur yang harus anda coba di Surabaya. Sekarang anda tidak perlu merasa khawatir datang di tempat makan rujak cingur yang salah, sebab kelima tempat diatas sudah terbukti kelezatan rasanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*