Rekomendasi Daftar Tempat Wisata di Surabaya

wisata surabaya

Sedang berkunjung ke Kota Surabaya namun bingung menentukan tempat tujuan wisata? Jangan khawatir ncepsuroboyo akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang sayang banget untuk kalian lewatkan. Meski Surabaya lebih terkenal sebagai kota metropolis dan pusat perdagangan di Indonesia Timur. Namun jangan salah, Surabaya juga mempunyai banyak tempat wisata yang sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini daftar beberapa tempat wisata surabaya yang menarik dan wajib dikunjungi

1. Surabaya Carnival Night Market

wisata surabaya
photo by @suroboyocarnival

Wahana wisata malam terbesar di Surabaya ini merupakan wisata baru di Surabaya yang dibuka sejak 28 Juli 2014. Tempat wisata ini cukup menarik perhatian masyarakat Surabaya maupun luar kota. Berbagai macam wahana seru, menarik, dan memacu adrenalin tersedia semua di Surabaya Carnival.

Selain itu juga tersedia wahana lain yang sesuai dengan usia pengunjung mulai dari anak-anak sampai lansia. SCNM berada di Jalan Ahmad Yani No. 333, Surabaya. Harga tiket masuk ke Surabaya Carnival Rp 60.000 (Senin-Jumat) dan Rp 80.000 (Sabtu-Minggu).

2. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Salah satu tempat wisata Surabaya ini memiliki keistimewaan dibandingkan tempat wisata lainnya. Surabaya North Quay menawarkan wisata dengan pemandangan laut yang indah. Di sana kalian bisa menikmati sunset dan kapal pesiar mewah dari berbagai Negara apabila ada jadwal singgah di SNQ. Di sana juga terdapat foodcourt dilengkapi live music setiap hari Selasa dan Kamis.

Menurut kebijakan baru Surabaya North Quay buka setiap hari dan untuk masuk ke SNQ sudah tidak bisa menggunakan uang tunai lagi tetapi sudah harus menggunakan e-money atau kartu yang bisa digunakan untuk masuk toll.

3. Pantai Kenjeran (Kenjeran Park)

pantai kenjeran

Pantai legendaris di Surabaya ini sekarang sudah banyak mengalami perubahan wajah. Dahulu pantai yang terkenal dengan citra yang buruk ini sudah berbenah ke arah yang positif menjadi salah satu wisata Surabaya favorit para keluarga. Berbagai pembangunan dan pengembangan wahana wisata dilakukan untuk perubahan yang lebih baik.

Sekarang ini kita tidak hanya bisa menikmati pantai saja namun banyak banget pilihan wahana yang ada di Kenjeran Park. Ada Waterpark, Atlantis Land, Pacuan Kuda, Klenteng Sanggar Agung, Patung Dewi Kwan Im, dan juga Patung Budha 4 Wajah, dan masih banyak lagi. Lokasi wisata Pantai Kenjeran ini berada di Jalan Sukolilo 100, Surabaya. Harga tiket masuk ke Pantai Kenjeran juga sangat murah yaitu Rp 5.000 dan parkir motor Rp 8.000, sedangkan parkir mobil Rp 10.000.

4. Atlantis Land

wisata surabayaphoto by @sergio_dji

Atlantis Land ini merupakan salah satu pengembangan wahana wisata yang berada di dalam komplek Pantai Kenjeran. Untuk masuk ke arena Atlantis Land ini kita bisa masuk melalui Kenjeran Park. Jam operasional Atlantis Land mulai pukul 10.00-18.00.

Sedangkan harga tiket masuk Atlantis Land Rp 100.000 sudah bisa menikmati semua wahana permainan yang ada di Atlantis Land. Khusus untuk anak dengan tinggi di bawah 85 cm masih bisa masuk ke arena Atlantis Land dengan gratis alias tidak dipungut biaya.

5. Food Junction

food junction grand pakuwon

Foodcourt yang dilengkapi dengan taman dan wahana permainan ini sangat menarik dan nyaman untuk dinikmati bersama keluarga. Food Junction juga merupakan salah satu wisata Surabaya yang baru dibuka. Menambah daftar wisata yang wajib dikunjungi. Lokasi Food Junction ini berada di kawasan perumahan elit Grand Pakuwon, Jalan Grand Banjar Boulevard, Tandes.

Foodcourt berkonsep food festival ini buka setiap hari dari jam 11.00-22.00. Untuk masuk ke area ini cukup membayar parkir Rp 3.000. Sedangkan untuk menikmati wahana permainan dikenakan tariff berbeda-beda sesuai jenis permainannya mulai dari Rp. 15.000-Rp 30.000.

6. Food Festival Pakuwon City

wisata surabaya food festivalphoto by @toyotasurabayaya

Salah satu tempat kuliner dan nongkrong yang ada di Surabaya ini ada di kawasan perumahan Pakuwon City, Food Festival East Coast. Berkonsep taman yang juga dilengkapi beberapa wahana permainan dan berada di luar mall East Coast. Tempat ini cukup menjadi favorit bagi kawula muda, apalagi di akhir pekan di mana pengunjung sangat ramai di tempat ini.

7. Kebun Binatang Surabaya

photo by @kebunbinatangsurabaya

Kebun Binatang Surabaya (Surabaya Zoo) merupakan tempat wisata legendaris di Surabaya. Sempat tidak terawat karena beberapa konflik pengelolaan, sekarang ini Kebun Binatang Surabaya sudah diambil alih oleh pemerintah kota. Wisata ini sudah banyak dilakukan perubahan ke arah yang lebih baik sehingga kembali menjadi wisata yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Kebun Binatang Surabaya ini berada di Jalan setail No. 1 Darmo. Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Surabaya Rp. 15.000. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke wahana permainan yang ada di dalam kebun binatang.

8. Jembatan Suramadu

wisata surabaya - jembatan suramaduphoto by @jenvendes

Jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura ini merupakan jembatan yang juga dijadikan sebagai objek wisata. Banyak pengunjung asli Surabaya maupun luar Surabaya yang datang ke jembatan Suramadu ini untuk mengabadikan keindahannya. Pemandangan di sore hari menjelang senja maupun malam hari adalah waktu yang sangat tepat untuk mengabadikan moment di jembatan ini. Pemandangan laut dengan jembatan yang sangat panjang dan lampu-lampu yang menghiasinya bikin foto tampak makin cantik. Daya tarik inilah yang mengundang para fotografer betah di Jembatan Suramadu.

9. Jembatan Suroboyo

wisata surabaya jembatan suroboyophoto by @fajar_munandar

Selain Jembatan Suramadu, Surabaya juga baru saja meresmikan jembatan baru lagi yang tak kalah menarik. Jembatan ini diberi nama Jembatan Suroboyo. Jembatan yang menghubungkan kawasan pesisir Pantai Kenjeran ini sangat ramai pengunjung di akhir pekan. Selain karena merupakan spot baru untuk menikmati kawasan Pantai Kenjeran dan Jembatan Suramadu, di Jembatan Suroboyo ini juga disuguhkan atraksi air mancur warna-warni yang bisa menari diiringi lagu-lagu khas Surabaya. Air mancur menari ini hanya ada di akhir pekan, mulai pukul 19.00 WIB.

10. Taman Remaja Surabaya

wisata surabayaphoto by @puspitarrs

Tempat wisata legendaris di Surabaya ini berada di Jl Kusuma Bangsa 112-114 Surabaya, dekat dengan Hi-Tech Mall. Tempat wisata keluarga yang lebih dikenal dengan sebutan THR (Taman Hiburan Rakyat) ini sudah berumur 30 tahun lebih sehingga memang cukup legendaris di kalangan masyarakat Surabaya.

Tiket masuk ke Taman Remaja Surabaya ini juga cukup murah hanya Rp 15.000 dan tiket wahana sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 setiap wahana permainan.

11. Museum Tugu Pahlawan

wisata surabayaphoto by @t39uh_art

Museum Tugu Pahlawan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibangun untuk menghormati Pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 Nopember 1945. Tak heran kota ini mempunyai julukan sebagai Kota Pahlawan, banyak banget berbagai peninggalan bersejarah dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya Museum Tugu Pahlawan. Museum ini berada di jalan Pahlawan Surabaya. Untuk masuk ke museum ini cukup dengan membayar tiket seharga Rp 2.000. Murah sekali bukan, namun apabila kalian hanya ingin menikmati monumennya tanpa masuk ke museum tidak dikenakan biaya alias gratis.

12. Museum House of Sampoerna

Museum House of Sampoerna merupakan museum yang dimiliki oleh Liem Seeng Tee, pendiri perusahaan swasta HM Sampoerna. Bangunan yang sangat besar dan luas ini dulunya merupakan panti yang dikelola jaman Belanda dan kemudian dibeli oleh Liem Seeng Tee. Kompleks Houfe of Sampoerna ini merupakan tempat tinggal keluarga Sampoerna, pabrik rokok dan juga terdapat museum. Museum ini yang sering banget dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Surabaya. Untuk masuk ke museum ini gratis alias tidak dipungut biaya. Kita bisa juga ikut tour melalui Surabaya Heritage yang selalu ada jadwalnya dan diantar menggunakan bus mengelilingi jalur heritage Surabaya, termasuk House of Sampoerna.

13. Monumen Kapal Selam

wisata surabaya

Monumen Kapal Selam yang ada di Surabaya ini juga biasa disebut Monkasel. Berada di tengah kota Surabaya membuat Monasel ini relatif gampang dicari. Apalagi letak Monkasel ini berada tepat di samping Surabaya Plaza, Jalan Pemuda No. 39 Surabaya. Kapal selam yang ada di monument ini adalah KRI Pasopati 401 yang juga ikut andil dalam perjuangan pembebasan  Irian Barat dari penjajahan Belanda. Harga tiket masuk ke Monkasel ini cukup murah Rp 10.000 per orang. Monumen ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 22.00.

14. Monumen Bambu Runcing

wisata surabaya

Monumen yang terdiri dari lima pilar berbentuk bambu runcing ini di bangun di tengah jalan Panglima Sudirman. Monumen bamboo runcing dibangun untuk mengenang jaman peperangan pada 10 November 1945 yang masih menggunakan senjata bambu runcing untuk melawan musuh. Meski menggunakan senjata yang sederhana namun semangat para prajurit yang luar biasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Monumen Bambu Runcing ini menjadi spot yang sangat menarik di Surabaya dihiasi dengan air mancur di sekelilingnya dan lampu-lampu yang berwarna warni menghasilkan siluet yang sangat cantik.

15. Masjid Al Akbar Surabaya

wisata surabaya

Masjid Nasional Al Akbar ini lebih akrab disebut dengan masjid Agung Surabaya. Masjid terbesar kedua di Indonesia ini memiliki kapasitas menampung 59.000 jamaah. Masjid ini juga memiliki menara setinggi 99 meter yang memungkinkan untuk menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan dari atas menara. Untuk masuk ke menara Masjid Agung Surabaya dikenakan biaya Rp 3.000 per orang. Masjid ini terletak di Jl Masjid Al-Akbar Utara No. 1 Pagesangan, Surabaya.

16. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel Surabaya ini dibangun oleh Raden Achmad Rachmatullah atau biasa dikenal dengan sebutan Sunan Ampel, pada tahun 1421. Masjid tertua ke-3 di Indonesia ini menjadi saksi sejarah peradaban Islam dan penyebaran Islam di tanah Jawa. Masjid yang terletak di Jalan KH Mas Mansyur ini sering didatangi pengunjung dari berbagai wilayah untuk wisata religi maupun ziarah ke makam Sunan Ampel.

17. Masjid Cheng Hoo

wisata surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya merupakan masjid bernuansa Tionghoa yang dibangun dengan perpaduan gaya Arab dan Tiongkok. Pemberian nama untuk masjid ini merupakan bentuk penghormatan kepada Laksamana Ceng Ho. Lokasi masjid ini berada di Jalan gading No. 2 Surabaya.

18. Gereja Kepanjen

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau lebih dikenal dengan sebutan Gerja Kepanjen ini merupakan gereja tertua di Surabaya. Gereja ini didirikan pada tahum 1815 dengan ciri khas gaya Eropa  Neo Gotic dan dirancang oleh arsitek asal Belanda, W. Westmaas dibantu oleh arsitek Indonesia, Muldjono Widjosastro. Lokasi gereja ini terletak di Jalan Kepanjen, dekat dengan sekolah SMA Frateran.

19. Pura Segara Kenjeran

Pura yang berlokasi di rumah dinas TNI AL  Jalan Memet Sastrowirya ini merupakan pura terbesar di Surabaya. Konstruksi bangunan Pura Segara yang diresmikan pada tahun 1981 ini dibuat sama dengan pura-pura yang biasa kita lihat di Bali. Pada mulanya pura ini diperuntukkan bagi warga Hindu yang tinggal di kompleks TNI AL.

20. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

photo by @achai_effendy

Ekowisata hutan mangrove yang ada di Surabaya ini tepatnya berada di Jl Raya Wonorejo No. 1, Rungkut. Wisata hutan bakau ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat di Surabaya maupun luar Surabaya. Selain sebagai tempat wisata, mangrove Wonorejo ini sering dikunjungi sebagai tempat untuk melakukan pemotretan foto model maupun pre wedding. Untuk masuk ke ekowisata ini cukup membayar tariff parkir sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000. Sedangkan untuk naik kapal dikenakan biaya orang dewasa sebesar Rp 25.000 dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

21. Hutan Mangrove Gunung Anyar

Selain hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya juga mempunyai hutan mangrove lain yang baru di buka di Gunung Anyar. Berbeda dengan konsep ekowisata yang diusung hutan Mangrove Wonorejo, Hutan Mangrove Gunung Anyar ini nantinya akan lebih difungsikan sebagai kebun raya. Untuk sementara masuk ke area Hutan Mangrove Gunung Anyar ini masih free, tidak dipungut biaya.

22. Hutan Bambu Keputih

wisata surabaya

Hutan buatan yang sengaja dibuat untuk menambah tempat wisata di Surabaya ini dulunya adalah lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah dipindah ke Benowo. Untuk masuk ke Hutan Bambu Keputih ini tidak dipungut biaya alias gratis, hanya bayar biaya parkir saja untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp. 5.000. Lokasi Hutan Bambu Keputih ini berada di dekat kampus ITS, Keputih. Selain itu juga dekat dengan Taman Sakura dan Terminal Keputih

23. Hutan Kota Balasklumprik

Hutan baru yang ada di Surabaya ini berada di Kecamatan Wiyung dengan luas 4,5 hektar dengan 6.000 tanaman. Tanaman di hutan kota balas Klumprik ini didominasi dengan tanaman buah dan tanaman hutan lindung. Pada saat masa panen tiba, pengunjung boleh mengambil dan menikmati buah-buah yang ada di hutan kota. Selain itu di hutan kota ini juga terdapat danau yang terdapat beberapa jenis ikan yang sengaja dikembangbiakkan.

24. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu taman favorit warga Surabaya. Berada di jantung kota Surabaya dan dekat dengan Kebun Binatang Surabaya membuat Taman Bungkul ramai dikunjungi. Taman ini sangat cocok untuk berbagai usia, apalagi untuk mengajak anak-anak bermain di Taman ini. Selain itu, di taman ini juga selalu diadakan car free day setiap hari Minggu.

24. Taman Surya

Taman yang berada di depan Balai Kota Surabaya ini merupakan taman lama yang telah direnovasi menjadi lebih cantik dan menarik. Lokasi Taman Surya ini berada di Jalan Taman Surya, Surabaya. Taman ini banyak dikunjungi para keluarga yang sedang mengajak anak-anaknya bermain pada akhir pekan. Memang di taman ini tidak disediakan permainan anak namun ada air mancur yang biasanya dipakai bermain anak-anak.

26. Taman Flora

Taman Flora ini dulunya biasa disebut Kebun Bibit Bratang yang merupakan tempat pembibitan tanaman-tanaman yang akan di tanam di sepanjang Kota Surabaya. Namun sekarang kebun pembibitan tersebut sudah dipindah ke Kebun Bibit Wonorejo. Di dalam Taman Flora ini terdapat ratusan bunga dan puluhan pohon besar. Fasilitas yang ada di dalam taman ini antara lain, Kolam ikan, Outbound & Playground, Kandang Rusa, Sangkar Burung Raksasa, Taman Bacaan/Perpustakaan, Broadband Learning Center, Pendopo, Mushola, Kamar Mandi, dan sentra kuliner,

27. Taman Prestasi

Taman yang berada di Jalan Ketabang Kali ini sudah dibangun sejak tahun 1992. Taman Prestasi berada di sepanjang sungai kalimas sehingga tersedia wisata air di dalamnya. Pengunjung bisa naik perahu yang disediakan dengan membayar biaya Rp 4.000. Selain terdapat beberapa wahana permainan anak-anak, di dalam taman ini juga terdapat Monumen Pesawat Tempur untuk mengenang jasa para pahlawan.

28. Taman Mundu

Taman Mundu ini terletak di daerah Tambaksari depan Stadion Gelora 10 November Surabaya. Taman ini diberi nama Taman Mundu karena di dalamnya terdapat dua pohon Mundu yang cukup besar, seperti kita ketahui saat ini pohon Mundu sudah sangat langka. Taman Mundu memiliki luas sebesar 4800 meter persegi, dahulunya taman ini merupakan lapangan kosong yang tak terawat. Fasilitas yang ada di taman ini juga cukup menarik, terdapat air mancur menari, jogging track, taman bermain anak, dan lainnya.

29. Taman Pelangi

Taman Pelangi Surabaya ini terletak di tengah ring road Jalan Ahmad Yani. Taman ini meskipun tidak begitu luas namun memiliki nilai fungsional dan estetika yang tinggi. Dibangun dengan desain pilar-pilar yang miring dan memanjang dari bawah ke atas. Desain taman ini akan terlihat semakin cantik dan menarik di malam hari dengan memancarkan cahaya lampu berwarna-warni di malam hari.

30. Taman Skate & BMX

Berbeda dengan taman lainnya, Taman Skate & BMX ini dibangun dengan konsep untuk menyalurkan hobi dan bakat anak muda di bidang Skateboard dan BMX. Taman ini berada di Jalan Ketabang Kali, atau tepat di sebelah Monumen Kapal Selam (Monkasel) dan Delta Plaza. Selain komunitas Skate & BMX, pengunjung dari luar komunitas juga banyak yang datang kesini untuk menyaksikan anak muda yang sedang berlatih atau ingin belajar Skateboard dan BMX. Untuk masuk ke taman ini juga tidak dipungut biaya, hanya mengeluarkan biaya untuk parkir saja.

Dari daftar tempat rekreasi di Surabaya di atas kalian tak perlu bingung lagi menentukan tujuan wisata ketika sedang berlibur ke Surabaya. Banyak banget tempat wisata bersejarah di Surabaya maupun tempat wisata baru atau modern yang bisa kita kunjungi. Selain itu, untuk masuk ke tempat wisata tersebut juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, sangat terjangkau dan aman untuk kantong. Daftar wisata Surabaya di atas masih belum termasuk semua taman dan mall-mall yang ada di Surabaya. Di lain kesempatan, ncepsuroboyo akan membahas di artikel tersendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*