Kuliner Khas Surabaya Yang Wajib Dicicipi

Berkunjung ke Surabaya kurang lengkap tanpa menyempatkan diri mencicipi lezatnya kuliner Surabaya. Sebagian besar makanan khas Surabaya memang terkenal dengan rasanya yang mengandung bumbu rempah yang begitu kuat. Lalu apa aja sih makanan khas Surabaya yang wajib dicoba saat berkunjung ke Surabaya?

Berikut ini rekomendasi kuliner Surabaya yang terkenal dan wajib dicoba, antara lain

1. Rujak Cingur

kuliner surabaya

Baca artikel ini“Daftar Kuliner Rujak Cingur yang Enak di Surabaya”

Kuliner khas Surabaya yang satu ini memang patut dicoba. Hampir sama dengan rujak uleg pada umumnya dengan menggunakan petis udang dan beberapa jenis buah-buahan. Namun yang membedakan dengan rujak/lotek pada umumnya adalah cingurnya.

Cingur adalah kulit sapi bagian mulut yang direbus hingga matang dan empuk sehingga bisa digunakan sebagai bahan utama dari rujak cingur. Lalu dimanakah tempat kuliner rujak cingur yang enak di Surabaya? Beberapa kuliner rujak cingur yang cukup terkenal di Surabaya, antara lain Rujak Cingur Cak No, Rujak Cingur Ahmad Jais, Rujak Cingur Plampitan Bu Nasir, Rujak Cingur Delta Plaza, Rujak Cingur Genteng Durasim, Rujak Cingur Joko Dolog, Rujak Cingur Mirota, Rujak WK Bu Parmi.

2. Rawon

kuliner surabaya

Cekidot artikel ini“Kuliner Rawon Enak di Surabaya”

Kuliner khas Surabaya ini bahan utamanya daging sapi yang diolah dengan menggunakan bumbu rempah dan kluwak yang memberikan warna hitam khas makanan ini. Meski warnanya sepertinya tak begitu menggoda namun apabila anda sudah mencicipi rasanya bisa jadi akan ketagihan karena kelezatannya. Apalagi daging yang dimasak dengan cukup empuk dan ditambahkan dengan tulang muda. Untuk menambah kenikmatannya jangan lupa juga untuk memadukannya bersama telor asin dan kerupuk udang. Beberapa Kuliner Rawon di Surabaya yang cukup enak dan dan terkenal antara lain, Rawon Setan, Rawon kalkulator, Rawon Pucang, Rawon Gajahmada dan lainnya.

3. Lontong Kikil

kuliner surabaya

Artikel terkait“Kuliner Lontong Kikil Enak di Surabaya”

Lontong kikil biasa disajikan dengan kikil sapi yang sudah diolah dengan bumbu rempah dan santan. Seringkali lontong kikil ini disajikan dengan sumsum tulangnya yang begitu nikmat apabila disruput hangat-hangat. Sumsum tulang kikil sapi ini menjadi favorit pemburu kuliner kikil sapi karena kenikmatannya. Tak heran di setiap warung atau depot kikil sapi, sumsum tulang ini cepat sekali habisnya. Berikut beberapa tempat kuliner lontong kikil di Surabaya.

4. Lontong Kupang

kuliner surabaya

Baca Juga“Lontong Kupang Paling Enak dan Terkenal di Surabaya”

Menu ini juga sangat recommended untuk dicoba, masih dengan menu lontong namun disajikan dengan kupang. Kupang merupakan salah satu jenis kerang laut yang berbentuk kecil lembut sebesar bijih kedelai yang kemudian dimasak dalam kuah petis dan digunakan sebagai kuah lontong kupang. Lontong kupang ini biasa disediakan dengan sate kerang dan dilengkapi dengan lentho serta perasan air jeruk nipis.

5. Lontong Balap

kuliner surabaya

Artikel terkait “Lontong Balap Legendaries di Surabaya”

Lontong balap ini juga merupakan makanan khas Surabaya. Lontong yang biasa disajikan dengan tahu goreng yang diiris-iris, taoge yang direbus setengah matang, lentho dan kacang tholo, lontong ini lalu disiram dengan kuah kaldu yang gurih dan ditambahkan kecap, bawang goreng serta sambal. Sebagai pelengkap dan untuk menambah kelezatan lontong balap ini biasanya disediakan sate kerang yang seringkali dijual terpisah.

6. Tahu Campur

kuliner surabaya

 Baca Juga “Kedai Tahu Campur Paling Enak di Surabaya”

Berbeda dengan menu yang sebelumnya, kuliner khas Surabaya yang satu ini berbahan utama tahu yang dicampur dengan sop kikil dan daging sapid an ditambahkan pelengkap berupa perkedel singkong, tauge, mie, selada air segar. Bumbu tahu campur ini menggunakan tahu petis, bawang goreng dan sambal.

7. Soto Ayam

kuliner surabaya

Artikel lainnya “Kedai Soto Ayam Enak di Surabaya”

Soto Ayam memang bisa kita nikmati di mana saja. Makanan satu ini sudah cukup banyak tersebar di seluruh penjuru nusantara. Di Surabaya sendiri ada banyak sekali penjual soto, beberapa yag terkenal adalah Soto Lamongan. Soto ini berasal dari salah satu kabupaten di Jawa Timur, Lamongan. Ciri khas Soto Ayam Lamongan ini ayam yang disuwir-suwir biasa disajikan dengan kuah soto dan ditaburi dengan koya. Beberapa orang lebih suka ditambahkan dengan jeroan, hati, ampela, dddan telur muda. Yang membedakan soto ayam lamongan dengan soto lainnya yaitu kuahnya yang bening kekuningan tanpa santan namun sangat gurih dari rasa bumbu rempahnya.

8. Sate Kelapa

kuliner surabaya

Kita mungkin sudah akrab dengan yang namanya sate, baik itu sate ayam maupun sate kambing. Berbeda dari sate-sate pada umumnya, sate ini mencampurkan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan daging ayam maupun daging sapi. Kuliner khas Surabaya ini memang cukup unik, yang membuatnya berbeda dari sate pada umumnya yaitu adanya parutan kelapa di tengah tusukan daging. Beberapa depot sate kelapa cukup terkenal dan menjadi tujuan kuliner di Surabaya

9. Sego Sambel

kuliner surabaya

Sambal merupakan makanan pelengkap yang selalu dicari saat menyantap apapun. Nasi hangat-hangat dengan sambal pedas ditambah lauk dan lalapan segar sudah cukup membuat lidah ketagihan. Sambel ini sangat cocok bila dipadukan dengan bebek goreng, ayam goreng, lele, dan aneka ikan lainnya.

Tak heran di Surabaya banyak sekali kita jumpai pedagang kaki lima yang membuka tenda atau warteg dengan menjual sego sambel. Pas sekali dengan karakteristik orang Jawa Timur maupun Surabaya yang doyan sekali dengan masakan pedas. Beberapa warung sego sambel yang cukup terkenal di Surabaya antara lain, Sego Sambel Mak Yeye,

10. Tahu Tek

Nama makanan khas Surabaya ini cukup unik, Tahu Tek. Sebutan ini muncul karena penjual mennggunakan gunting saat memotong tahu dan lontong, dan gunting tersebut selalu dibunyikan hingga mengeluarkan suara tek…tek…tek. Tahu tek biasanya dilengkapi dengan lontong, tauge, kentang goreng, dan ketimun ataupun acar yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, bawang putih, cabai, petis yang dihaluskan dengan cobek dan ditambahkan sedikit air dan kecap. Tahu tek siap dihidangkan bersama dengan krupuk kecil-kecil.

11. Lontong Mie

Lontong mie ini biasa disajikan dengan mie, kecambah beserta bumbu petis yang dihaluskan bersama dengan bawang dan cabai. Sederhana sekali cara untuk membuatnya tapi makanan ini tetap mampu memanjakan lidah para penikmat kuliner apalagi dilengkapi dengan ceker ayam bumbu balado super pedas sebagai topping-nya.

12. Soto Daging

Berbeda dengan Soto Lamongan yang menggunakan daging ayam, Soto Madura yang berasal dari Pulau Madura ini berbahan dasar daging sapi. Mungkin anda jadi penasaran apakah enak daging sapi dimasak soto. Jangan salah, kuliner yang satu ini juga cukup banyak peminatnya. Di Surabaya juga sangat mudah kita temukan penjual Soto Madura di pinggir-pinggir jalan. Kuah soto ini tidak jauh berbeda dengan kuah soto ayam lamongan hanya saja menggunakann kaldu daging sapi.

13. Semanggi

Semanggi adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang sudah mulai jarang sekali kita temukan. Keberadaan makanan khas Surabaya ini sudah mulai langka. Kuliner semanggi ini terdiri dari sayur semanggi yang direbus dan kemudian disiram dengan bumbu kacang seperti pecel. Lalu disajikan dengan kerupuk besar berbahan tepung terigu. Semanggi biasanya bisa kita temukan di jalanan di Kota Surabaya. Penjual berkeliling kota Surabaya dan Sidoarjo melewati perumahan maupun gang-gang perkampungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*