Cantiknya Wajah Baru Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya

terminal bungurasih

Terminal Purabaya – Sejak seperempat abad yg lalu, saya mengenalnya sebagai salah satu aset besar Kota Surabaya setenar rebutan pengakuan antara apakah aset ini masuk wilayah Kota Surabaya atau Sidoarjo. Mungkin pada masanya hanya Dolly yang bisa menandingi nama besarnya yg juga menginternasional kala itu.

Ya Terminal Purabaya atau Bungurasih terserah nama mana dulu yang lebih dahulu anda kenal. Konon katanya kala itu ini adalah terminal angkutan kota terbesar se-Asia Tenggara, benar atau tidaknya saya kurang tahu, hehehe. Apabila anda punya data yang mengatakan bahwa info itu salah, anda tetap tidak perlu mengkafirkan saya. Hihihi.

 Image source

Lepas dari itu saya yakin ketika itu terminal ini bagai sumbu kembang api yang nyala apinya semburat ke segala arah. Orang yang akan melakukan perjalanan luar kota entah itu ke Jogja, Jakarta, Bandung, Semarang, bahkan ke Bima dan Madura pun bisa memulai perjalanannya dari sini, ya terminal ini.

Dan seperti layaknya terminal yang lain, di sini pun terkenal dengan sisi gelap premannya, entah copet, gendam, maling and kawan-kawannya. Dari yang kelas atas sampai yang levelnya hanya sekedar makelar yang hobi memaksa semua ada. Tinggal bagaimana anda mewaspadai agar segala jenis kejahatan itu tidak mendekati anda. Saran saya, jangan pernah bawa terlalu banyak uang tunai atau barang berharga apabila kesana.

 Image source

Itu dulu, kira-kira seperempat abad yang lalu. Setelah proses panjang, pergantian pimpinan daerah dan birokrasi yg entah sudah berapa kali. Akhirnya saya bisa melihat sebuah perubahan yang sangat signifikan sekembalinya menginjakkan kaki di Purabaya. Ruang tunggu yang lebih kelihatan manusiawi, pos-pos pemberangkatan yang sudah lebih mirip paddock F1 (kalo yang ini agak lebay sih, nggak usah dipercaya, qeqeqeq) yang menyediakan banyak ruang buat menikmati sarana publik yg nyaman. Hasil kerja siapa? Tentu pemerintah terbaru yang sedang menjabat saat ini.

 Image source

Terminal ini lebih dikenal dengan sebutan Terminal Bungurasih karena letaknya memang berada di daerah Bungurasih, Waru – Sidoarjo, perbatasan antara Kota Surabaya dengan Sidoarjo. Terminal Purabaya ini merupakan terminal utama sebagai tempat pemberangkatan dan pemberhentian bus antarkota maupun antarprovinsi. Baru-baru ini pemerintah melalui dinas perhubungan sebagai pengelola terminal ini memperbarui wajah terminal kebanggaan kota Surabaya menjadi sangat cantik dan lebih modern. Kalo kata pengunjung yang udah ngeliat perubahan terminal ini sih katanya, terminal rasa bandara.

Pengunjung terminal yang sebagian besar dari perjalanan luar kota ataupun mau ke luar kota akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia di terminal ini. Kalo kita biasanya menilai sebuah terminal dengan judgement negatif serupa tempat yang cenderung ramai, padat, kumuh dan lainnya. Kali ini dengan melihat tampilan baru Terminal Purabaya penilaian kita akan bergeser menjadi lebih baik. Tidak hanya direnovasi tetapi kebersihan juga sangat dijaga, meski tetap ada tangan-tangan jahil warga negara kita yang masih belum terbiasa dengan budaya bersih.

 Image source

Selain perubahan tampilan, Terminal Purabaya juga berbenah sistem yang sudah mulai bisa diakses secara online tidak hanya via website dan sosmed tetapi juga tersedia aplikasi smartphone yang akan memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi seputar jadwal bus dan info terkait lainnya.

Nah buat kalian yang biasanya enggan banget melangkahkan kaki ke terminal karena hal-hal yang enggak banget, yakin neehhh nggak mau nyoba??? Coba deh sesekali nikmati wajah baru Terminal Purabaya ini sambil mengukir kenangan-kenangan baru, biar move on gitu loh, kan mulai enggak nyambung -__- (adminnya setengah curcol, enggak usah digubris) heuheuheu. Yuk ah ditingali mawon wajah barunya Terminal Purabaya alias Terminal Bungurasih kebanggaan kota Surabaya. Ojo lali dijogo yo, Rek!!!

*Feature image source

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*